Keren, Dosen Unusa Surabaya Masuk Daftar Ilmuwan Top Dunia, Ini Orangnya

Selasa, 26 Oktober 2021 – 15:05 WIB
Keren, Dosen Unusa Surabaya Masuk Daftar Ilmuwan Top Dunia, Ini Orangnya - JPNN.com Jatim
Dosen Unusa Achmad Syafiuddin S.Si., M.Phil., Ph.D yang masuk dalam daftar ilmuwan top dunia menurut Elsevier. (ANTARA Jatim/HO-Humas Unusa/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Salah seorang dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bernama Achmad Syafiuddin masuk dalam daftar ilmuwan top dunia yang baru-baru ini dirilis oleh lembaga penerbit tingkat dunia pengelola Scopus, yaitu Elsevier.

Syafiuddin memaparkan hanya ada 58 ilmuwan Indonesia yang masuk daftar itu dan dirinya berada pada urutan ke-18 berdasarkan ranking all citation atau posisi ke-26 menurut self-citation excluded.

"Saya termasuk yang paling junior. Kebanyakan yang masuk daftar itu adalah para ilmuwan senior dari beberapa kampus ternama Tanah Air," ujar dosen di Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Unusa tersebut.

Scopus merupakan salah satu database sitasi dan literasi jurnal ilmiah bereputasi yang kini menjadi rujukan Diktiristek guna pemeringkatan institusi dan peneliti di Indonesia.

Syafiuddin yang juga menjabat Ketua LPPM Unusa itu menduga dirinya tercatat dalam daftar tersebut lantaran fokus menerbitkan artikel di jurnal-jurnal internasional bereputasi tinggi.

Selain itu, ada salah satu tulisannya yang terbit di Journal of the Chinese Chemical Society, Wiley yang dinobatkan sebagai artikel terbanyak disitasi di jurnal bergengsi itu.

"Saya banyak meneliti tentang kesehatan lingkungan, terutama di bioremediasi polusi air yang memusatkan pada penggunaan bahan-bahan alami dalam rangka mengurangi kandungan pencemaran di dalam air," kata doktor lulusan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). (antara/mcr13/jpnn)

Adalah Achmad Syaifiuddin, salah seorang dosen Unusa yang tercatat dalam daftar ilmuwan top dunia versi Elsevier.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News