IT Telkom Surabaya Ciptakan Inovasi Sterilisasi Buah dan Sayuran

Jumat, 01 Oktober 2021 – 13:30 WIB
IT Telkom Surabaya Ciptakan Inovasi Sterilisasi Buah dan Sayuran - JPNN.com Jatim
Tim dosen dan mahasiswa IT Telkom Surabaya menunjukkan alat sterilisasi buah dan sayur hasil ciptaannya. (ANTARA Jatim/HO-IT Telkom)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Institut Teknologi Telekomunikasi (IT Telkom) Surabaya berhasil menciptakan sebuah alat sterilisasi untuk buah dan sayuran.

Dosen Program Studi Teknologi Informasi IT Telkom Surabaya, Farah Zakiyah Rahmanti menerangkan alat tersebut dilengkapi sinar atau lampu ultraviolet (UV) dan air chamber.

Sinar UV berfungsi untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan virus yang ada pada permukaan buah dan sayur.

"Sementara air digunakan untuk membersihkan permukaan buah atau sayur dari kotoran yang menempel," kata Farah, Jumat.

Inovasi itu pun dilengkapi perangkat belt conveyor atau ban berjalan untuk memfasilitasi pergerakan sayuran dan buah-buahan.

Farah menjelaskan alat tersebut dapat menampung sayuran atau buah dalam jumlah tertentu. Dilengkapi dengan perangkat lunak antarmuka berbasis komputer omron HMI. Fungsinya, sebagai penghubung antara operator dan mesin dengan aplikasi pengelolaan untuk menghidupkan serta mematikan konveyor dan lampu UV.

Pembuatan alat itu terinspirasi dari kekhawatiran konsumen di masa pandemi COVID-19 dalam membeli buah atau sayuran yang terbebas dari kuman, bakteri, dan virus.

Farah mengungkapkan proses pengemasan sayur atau buah pada umumnya dilakukan secara manual dengan memetik hasil panen.

IT Telkom Surabaya mengembangkan alat sterilisasi untuk buah dan sayuran yang bisa dipakai petani untuk menjamin panennya higienis sebelum dipasarkan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News