Mahasiswa Untag Kenalkan Objek Bersejarah Museum Trowulan Lewat Aplikasi AR

Selasa, 13 September 2022 – 12:52 WIB
Mahasiswa Untag Kenalkan Objek Bersejarah Museum Trowulan Lewat Aplikasi AR - JPNN.com Jatim
Iqu menunjukkan aplikasi AR memperkenalkan benda bersejarah di Museum Trowulan, Mojokerto. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya membuat inovasi untuk mempermudah wisatawan belajar sejarah mengenai Kerajaan Majapahit.

Inovasi yang dibuat mahasiswa bernama Nur Iqu Luqmanul Hakim tersebut dikemas dalam bentuk augmented reality atau AR.

Para pengunjung yang ingin mengetahui tentang informasi benda-benda sejarah peninggalan Islam pada Kerajaan Majapahit bakal dimudahkan dengan teknologi tersebut.

"Saya membuat aplikasi ini untuk memperkenalkan kota asal saya, yaitu Mojokerto sekaligus sebagai tugas akhir," kata Iqu, Selasa (13/9).

Mahasiswa Untag Kenalkan Objek Bersejarah Museum Trowulan Lewat Aplikasi AR

Dia memilih meneliti di Pusat Informasi Majapahit yang ada di Museum Trowulan, Mojokerto. Ada 18 objek benda bersejarah di era Kerajaan Majapahit.

Adapun belasan benda itu adalah Prasasti Pusponegoro, Nisan Troloyo, Piring Porselen terenkripsi Arab, Keris Bertulis Arab, Nisan Troloyo, Nisan Troloyo Motif Surya, Nisan Troloyo Motif Kala, Gong, dan Bata berelief Wanita Menari.

Selanjutnya, Bata berelief Flora, Bata berelief Wayang, Figurin membawa alat musik, Figurin Wanita membawa alat musik, Mangkok terenkripsi arab, Prasasti leran/Fatimah Binti Maimun, Celupak/Lampu, Figurin terakota muslim, dan Blencong.

Mahassiwa Untag Surabaya membuat aplikasi AR memperkenalkan benda bersejarah dalam bentuk objek 3D.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News