Ini Alasan Syaikhona Kholil Pantas Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Senin, 27 September 2021 – 19:44 WIB
Ini Alasan Syaikhona Kholil Pantas Diberi Gelar Pahlawan Nasional - JPNN.com Jatim
Presiden PKS Ahmad Syaikhu didampingi pengurus PKS Jatim saat berziarah ke makam Syaikhona Muhammad Kholil di Bangkalan di sela kunjungannya ke sejumlah kabupaten di Madura, Minggu (26/9/2021). ANTARA/HO-Humas PKS Jatim

jatim.jpnn.com, MADURA - Syaikhona Muhammad Kholil, ulama besar asal Madura tengah diperjuangkan berbagai pihak, terutama partai politik, agar diberi gelar pahlawan nasional.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Madura, Minggu (26/9) mengatakan pihaknya akan terus berjuang agar ulama besar tersebut diakui sebagai pahlawan nasional.

Menurut Syaikhu, Syaikhona Kholil sangat pantas dinobatkan menjadi pahlawan nasional karena dia merupakan guru dari dua ulama terbesar Indonesia yakni KH Hasyim Asyari serta KH Ahmad Dahlan yang masing-masing tercatat sebagai pendiri ormas Islam terbesar Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Beliau sengaja pulang ke Indonesia dari Mekkah agar bisa mengajarkan agama kepada para ulama, para tokoh yang menyemangati pejuang Indonesia kala itu," jelasnya.

Dukungan yang sama datang dari Partai Golkar dan Partai NasDem. Lalu Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar juga mendukung pemberian gelar tersebut.

"Perjuangan Syaikhona Kholil bagi bangsa sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Beliau sudah menjadi inspirasi bagi semua anak bangsa, sejak dulu sampai sekarang," pungkas Miftachul Akhyar. (antara/mcr17/jpnn)

 
Syaikhona Muhammad Kholil, ulama besar asal Madura tengah diperjuangkan berbagai pihak, terutama partai politik, agar diberi gelar pahlawan nasional.
Sumber Antara