Ayahanda Kiai Asep KH Abdul Chalim Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Minggu, 30 April 2023 – 11:58 WIB
Ayahanda Kiai Asep KH Abdul Chalim Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional - JPNN.com Jatim
Seminar Nasional pengusulan gelar pahlawan nasional kepada KH Abdul Chalim Leuwimunding. Foto: Dok. Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai peran KH Abdul Chalim Leuwimunding dalam mendirikan Nahdlatul Ulama (NU) hingga perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia layak diganjar sebagai Pahlawan Nasional.

"Hubbul Wathon Minal Iman, cinta tanah air sebagian dari iman maka itulah yang mendorong semangat nasionalisme. Sampai kemudian resolusi jihad. Jejak-jejak sejarah yang seperti ini harus didukung dokumen kuat," ujar Khofifah, Sabtu (29/4).

Menurutnya, seluruh proses pengajuan gelar tersebut harus dijalankan secara maksimal agar terealisasi.

"Mudah-mudahan semua lancar, sukses dan semoga di ijabah seorang tokoh pejuang Kiai Haji Abdul Chalim. Mudah-mudahan bisa disegerakan untuk mendapatkan gelar pahlawan Nasional," katanya.

Putra KH Abdul Chalim, KH Asep Saifuddin Chalim menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat mengusulkan dan mendukung ayahandanya meraih gelar tersebut.

"Saya juga menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kehadiran dan dukungan dzurriyat pendiri Nahdlatul Ulama," ucapnya.

Nah, dalam rangka birrul walidain dan memberikan teladan pada generasi berikutnya pada anak turun KH Abdul Chalim, pihaknya merespons pengusulan gelar pahlawan nasional bagi ayahandanya dengan sebaik-baiknya.

"Saya mohon doanya, karena sudah kami terjun, maka kami akan berusaha agar berhasil," katanya.

Sosok KH Abdul Chalim Leuwimunding dinilai berjasa dalam pendirian Nahdlatul Ulama dan kemerdekaan Indonesia sehingga layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News