Terjadi Longsor dan Pohon Tumbang di Jalur Gumitir Jember, Satu Mobil Tertimpa

Senin, 20 September 2021 – 16:44 WIB
Terjadi Longsor dan Pohon Tumbang di Jalur Gumitir Jember, Satu Mobil Tertimpa - JPNN.com Jatim
Petugas membersihkan jalur di kawasan Gunung Gumitir akibat longsor dan pohon tumbang di Jalan Jember-Banyuwangi, Senin (20/9/2021). (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di jalur Gunung Gumitir, Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember. 

Pohon tumbang sempat menimpa mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi P 1668 XC pada Minggu (19/9) pagi pukul 10.00 WIB yang menyebabkan macet total akses jalan baru bisa dibuka pukul 01.00 WIB.

Untung saja, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pengemudi mobil selamat dan tidak melangalami luka.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo di Jember mengatakan akibat peristiwa tersebut jalur di Gumitir diberlakukan aturan buka-tutup jalur dan menutup sebagian badan jalan.

"Kebijakan itu diambil untuk memudahkan petugas membersihkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan," katanya.

Tanah longsir dan pohon tumbang tersebut, menurutnya, disebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah tersebut.

"Pohon yang tumbang itu diameternya sekitar 120 cm dan menutupi jalan," ujarnya.

Meski begitu, Heru menjelaskan kalau petugas akan terus membersihkan material lonsor di jalan penghubbung Kabupaten Jember-Banyuwangi itu.

Tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di jalur Gunung Gumitir, Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember.
Sumber Antara