Hati-hati! BMKG Peringatkan Adanya Potensi Tanah Longsor di Jawa Timur

Rabu, 15 September 2021 – 03:47 WIB
Hati-hati! BMKG Peringatkan Adanya Potensi Tanah Longsor di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
dokumentasi. Foto udara suasana pencarian korban tanah longsor di Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). . ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi tanah longsor di wilayah Jawa Timur.

Selain itu, akan ada bencana hidrometeorologi berupa banjir dan banjir bandang yang seluruhnya disebabkan oleh cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan dengan level siaga.

Peringatan siaga tersebut diberikan kepada wilayah Jawa Timur bersama tiga wilayah lainnya yakni Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Selasa, menjelaskan potensi tersebut berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) untuk tanggal 15 September 2021.

Sebelumnya, BMKG sudah memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, juga angin kencang dalam periode 13 hingga 20 September 2021 di beberapa provinsi.

Beberapa provinsi itu antara lain Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung.

Kemudian Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara,Maluku Utara,Maluku,Papua Barat, dan Papua.

"Sesuai dengan prediksi sebelumnya di bulan Agustus yang lalu, sebanyak 14,6 persen akan mengawali musim hujan maju di bulan September 2021 ini," jelas Guswanto

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi tanah longsor di wilayah Jawa Timur.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News