Dokter Unair Anjurkan Olahraga Lebih Dahulu Sebelum Vaksinasi, Supaya..

Rabu, 15 September 2021 – 19:25 WIB
Dokter Unair Anjurkan Olahraga Lebih Dahulu Sebelum Vaksinasi, Supaya.. - JPNN.com Jatim
Olahraga di masa pandemi. Dokter Unair menyarankan sebaiknya berolahraga lebih dahulu, supaya kekebalan tubuh cepat meningkat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sudah sejak lama terbukti bahwa olahraga memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan tubuh.

Penelitian terbaru mengungkapkan berolahraga ternyata mampu menaikkan sel pertahanan yang ada pada darah dan mencegah tubuh dari alergi, bahkan mampu meningkatkan kerja vaksin secara optimal.

Temuan tersebut dijelaskan oleh Dosen fisioterapi Unair, Arni Kusuma Dewi, dr., M.Si., dalam webinar pengmas BATTRA x FISIO 2021 (11/9/2021).

Arni menjelaskan jika olahraga mampu meningkatkan kadar endorphin (hormon senang) dan secara otomatis menurunkan stres.

"Selain itu, olahraga dapat menghambat produksi sitokin sebagai pemicu atau induktor alergi. Jadi tubuh aman dari gangguan reaksi tubuh yang disebabkan zat kimia alergi," jelasnya.

Penelitian lainnya, kata dia, mengungkapkan jika berolahraga sebelum melakukan vaksinasi, maka antibodi orang tersebut akan lebih cepat terbentuk. Oleh karena itu, Arni menganjurkan sebelum lakukan vaksin olahraga terlebih dahulu. 

"Jadi, sebaiknya berolahraga terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi. Olahraga dianggap sebagai booster untuk tubuh dapat memproduksi lebih banyak sel-sel imun," terangnya.

Namun ia memperingatkan kalau olahraga yang dimaksud sebelum vaksin bukan sesudah vaksin.

Sumber Unair