3.440 Pekerja Migran Asal Sampang Kembali Pulang ke Tanah Air

Senin, 06 September 2021 – 21:54 WIB
3.440 Pekerja Migran Asal Sampang Kembali Pulang ke Tanah Air - JPNN.com Jatim
Sebagian pekerja migran Indonesia asal Sampang saat menjalani pemeriksaan kesehatan di posko Satgas COVID-19 Pemkab Sampang. (ANTARA/HO-Humas Sampang/az)

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Sekitar 3.440 orang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sampang, Jawa Timur, yang sebelumnya bekerja di sejumlah negara luar, pulang ke Pulau Madura selama pandemi COVID-19.

Plt. Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Sampang Agus Sumarso menyampaikan memaparkan jumlah itu yang terhitung per 4 September 2021.

Para pekerja migran asal Sampang itu kebanyakan dari wilayah Pantai Utara (Pantura) Sampang seperti Banyuates dan Kecamatan Ketapang.

Mereka bekerja di sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Arab Saudi.

Sumarso menyampaikan para pekerja migran itu kebanyakan bekerja di sektor informal, yakni asisten rumah tangga (ART), kuli bangunan, dan sopir angkutan umum maupun pribadi.

"Umumnya, mereka yang pulang itu karena masa kontraknya sudah habis," kata Agus, Senin (6/9).

Selain itu, ada juga yang terpaksa pulang akibat menganggur di negara tempat bekerja imbas pandemi COVID-19.

"Daripada di negara orang lain tidak ada pekerjaan, mereka memilih untuk pulang karena biaya hidup di sana jauh lebih mahal dibanding Tanah Air," ujar Agus.

Ada ribuan pekerja migran asal Sampang yang baru pulang dari luar negeri selama pandemi COVID-19.
Sumber Antara