BNPT Jajaki Potensi Perikanan Banyuwangi untuk Eks Napi Teroris

Jumat, 27 Agustus 2021 – 11:33 WIB
BNPT Jajaki Potensi Perikanan Banyuwangi untuk Eks Napi Teroris - JPNN.com Jatim
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar bersama Wabup Sugirah di Banyuwangi. Kamis (26/8/2021) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tengah membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN).

Seperti diketahui, KKNT merupakan kawasan yang akan dikhususkan untuk mengembangkan kesejahteraan kelompok rentan terpengaruh paham terorisme dan mantan narapidana teroris (napiter).

Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Kamis (26/), mengatakan Kabupaten Banyuwangi bisa menjadi mitra KKNT dalam mengembangkan potensi-potensi usaha di bidang kelautan dan perikanan.

"Nantinya para eks napiter akan melakukan berbagai aktivitas ekonomi, seperti perikanan yang tentunya dibaurkan dengan masyarakat umum," jelas Boy

Namun, lanjut Boy, KKNT tersebut bukan hanya untuk bekas narapidana teroris saja, melainkan diperuntukkan juga untuk para penyintas.

"Jadi bukan hanya eks napiter saja, penyintas juga korban. Harapannya, mereka nanti jadi bagian dari deradikalisasi dalam masyarakat," terangya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah menyambut baik tawaran Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN).

Menurut Sugirah, program tersebut baik untuk kesejahteraan bekas napiter.

BNPT tengah membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi Kawasan Khusus Terpadu Nusantara
Sumber Antara