Indonesia Catat 154 Kasus Bencana Alam Selama 3 Pekan Pertama Tahun 2021

Kamis, 21 Januari 2021 – 11:05 WIB
Indonesia Catat 154 Kasus Bencana Alam Selama 3 Pekan Pertama Tahun 2021 - JPNN.com Jatim
TRC BPBD Jatim mendistribusikan bantuan makanan kepada warga yang terdampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Jember. (ANTARA Jatim/HO-BPBD Jatim/hn)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 154 kasus bencana alam terjadi di Indonesia selama kurun tiga pekan pertama tahun 2021.

Data tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 BNPB Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Graha BNPB Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Berdasarkan 145 kasus bencana alam yang dicatat BNPB, sudah ada 140 korban meninggal dunia dan 776 orang mengalami luka-luka.

"BNPB mencatat dalam rentang dari 1-18 Januari sebanyak total 154 bencana alam terjadi di Indonesia. Kebanyakan adalah berbentuk banjir, angin ribut, dan longsor," ujar Wiku Adisasmito.

"Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrim menyebabkan banjir di beberapa tempat, seperti Malang dan Puncak, Bogor," tambah Wiku.

Bencana tersebut, menurut Wiku, menunjukkan Indonesia secara geografis dan geologis memang rawan bencana alam.

Wiku menghimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di rawan bencana untuk meningkatkan rasa kesiapsiagaan sesuai surat edaran Kemendagri.

“Pemerintah daerah juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana," ungkap Wiku.

Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi langsung dua lokasi bencana, yaitu Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat yang terdampak gempa dan kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan yang dilanda bencana banjir.

BNPB mencatat sebanyak 154 kasus bencana alam terjadi di Indonesia selama kurun tiga pekan pertama tahun 2021.
Sumber Antara