Warung di Area Wisata Pantai Banyuwangi Terima Bantuan dari Pemkab

Selasa, 17 Agustus 2021 – 14:16 WIB
Warung di Area Wisata Pantai Banyuwangi Terima Bantuan dari Pemkab - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyalurkan bansos tunai kepada pemilik warung rakyat di wisata Pantai PUlau Merah. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Warung rakyat dan Pedagang Kakli Lima (PKL) di kawasan destinasi wisata Pantai Pulau merah dan Pantai Mustika Kecamatann Pesanggaran mulai menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain kepada warung dan PKL, pembkab juga menyerahkan sembako pada kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemkab pada para pedagang, utamanya pelaku destinasi wisata yang terdampak penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Karena PPKM ini pasti pengunjung sepi, pemasukan PKL dan warung-warung di sini berkurang termasuk pula dampaknya dirasakan kawan-kawan pokdarwis. Maka kami berinisiatif menyiapkan program bantuan ini," kata Ipuk di Banyuwangi, Senin.

Ipuk menyebutkan ada sebanyak 111 PKL di destinasi Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika yang menerima bantuan. Para pedagang kecil tersebut masing-masing menerima uang tunai Rp300.000.

Selain itu, 100 anggota Pokdarwis di destinasi tersebut memperoleh bantuan sembako dari pemkab.

"Dalam sebulan terakhir pemerintah terus menyalurkan bantuan untuk PKL dan warung-warung kecil. Total penerima bantuann sekarang mencapai 6.961 pelaku usaha ultra mikro, di mana masing-masing menerima Rp300.000," terang Ipuk

Ipuk mengakui memang bantuan yang diberikannya pasti masih kecil jika dibandingkan dengan omset para pedagang ketika wisatawan masih aktif.

PKL di kawasan destinasi wisata Pantai Pulau merah dan Pantai Mustika Kecamatann Pesanggaran mulai menerima bantuan dari Pemkab Banyuwangi
Sumber Antara