Akhirnya Cair Juga, Sisa Insentif Nakes Surabaya Mulai Dilunasi Pemkot

Kamis, 12 Agustus 2021 – 17:35 WIB
Akhirnya Cair Juga, Sisa Insentif Nakes Surabaya Mulai Dilunasi Pemkot - JPNN.com Jatim
Kegiatan vaksinasi bagi nakes di Kubu Raya (Antara/Rendra Oxtora)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menyelasikan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) puskesmas dan rumah sakit untuk bulan Januari hingga Juni 2021.

Pemkot Surabaya sebelumnya baru memberi sebesar 75 persen kepada nakes di seluruh Surabaya.

"Tadi saat rapat badan anggaran di DPRD Surabaya, Pak Sekda (Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan) memastikan bahwa kekurangan insentif nakes 25 persen dari 75 yang sudah dibayarkan nanti akan ditambahkan. Total anggaran sekitar Rp30 miliar," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Kamis.

Menurut Reni dengan cairnya insentif ini merupakan kabar yang sangat baik bagi seluruh nakes di Surabaya.

Mengingat kinerja nakes selama pandemi sangat padat seperti melayani testing (pemeriksaan dini), tracing (pelacakan) , dan treatment (perawatan). Selain itu, tes usap PCR dan sekarang tengah sibuk dengan vaksinasi COVID-19.

"Kerja nakes ini over waktu dan risikonya juga besar," katanya.

Untuk nilai insentif yang diberikan nakes, kata dia, nantinya akan disamakan dengan tahun 2020, sebagaimana berdasarkan Keputrusan Menteri Kesehatan Nomor 01.07/MENKES/4239/2021, besaran insentif dapat disesuaikan dengan APBD masing-masing daerah. (antara/mcr17/jpnn)

Pemerintah Kota Surabaya menyelasikan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) puskesmas dan rumah sakit untuk bulan Januari hingga Juni 2021.
Sumber Antara