Publik Figur Terlibat Upaya Diskreditkan Galon PC, Agus: Persaingan Bisnis

Jumat, 30 Juli 2021 – 15:08 WIB
Publik Figur Terlibat Upaya Diskreditkan Galon PC, Agus: Persaingan Bisnis - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Galon isi ulang (ANTARA Jatim/CHN)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menyayangkan keterlibatan figur publik dalam penyebaran informasi hoaks soal isu bahaya bisofenol A (BPA) dalam kemasan pangan.

Agus menilai tidak sepatutnya ada pihak-pihak yang menambah kesulitan dan kebingungan masyarakat melalui penyebaran informasi hoaks di masa darurat COVID-19 saat ini.

"Selama puluhan tahun kemasan galon isi ulang telah dipergunakan masyarakat luas dan terbukti aman sebagaimana dinyatakan BPOM serta Kemenperin," kata dia, Kamis (29/7).

Kementerian Kominfo sedari awal tahun ini mengategorikan informasi bahaya BPA dalam kemasan galon isi ulang sebagai hoaks.

Namun, beberapa kelompok justru mencoba terus mendorong isu tersebut. Besar dugaannya, upaya itu untuk kepentingan bisnis pihak tertentu.

BPOM serta Kemenperin saat ini hanya memperbolehkan dua jenis kemasan air yang beredar di pasaran, yaitu plastik polietilena tereftlat (PET) dan polycarbonate (PC).

Kedua jenis kemasan tersebut dinyatakan aman berdasarkan pengawasan dan penelitian rutin BPOM.

Penelitian BPOM terakhir pada April 2021 menunjukkan kadar BPA dalam kemasan galon PC jauh di bawah ambang batas aman yang ditetapkan pemerintah maupun badan pengawasan pangan Eropa.

Pengamat menyesalkan peran serta publik figur dalam menyebarkan informasi hoaks yang merugikan soal bahaya kadar BPA galon isi ulang.
Sumber Antara