Kasus Covid-19 di Jawa Timur Mulai Turun, Mas Jibril: Semoga Konsisten

Rabu, 21 Juli 2021 – 13:00 WIB
Kasus Covid-19 di Jawa Timur Mulai Turun, Mas Jibril: Semoga Konsisten - JPNN.com Jatim
Dengan perpanjangan PPKM darurat, diharapkan dapat terus menurunkan tren kasus COVID-19. Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kasus Covid-19 di Jawa Timur mulai menurun seiring dengan pemberlakukan PPKM darurat.

"Harapan kami semua, kasus bisa semakin menurun," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril, Rabu (21/7).

Jibril menjelaskan, selama sepekan terakhir terjadi penurunan kasus terkonfirmasi positif di Jawa Timur dari awalnya 8.000 kasus, menjadi 5.000 kasus.

"Semoga penurunan kasus bisa konsisten, dan keputusan perpanjangan PPKM darurat menunjukkan hasil signifikan," ucap Jibril.

Jibril mengatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait implementasi PPKM darurat terhadap penurunan kasus Covid-19.

Dokter muda lulusan S2 di bidang healthcare enterpreneurship di University College London, Inggris tersebut juga mengimbau peran masyarakat untuk menanggapi serius ancaman Covid-19 melalui disiplin protokol kesehatan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli 2021 dan akan melakukan pembukaan secara bertahap mulai 26 Juli 2021.

"Karena itu jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," kata Presiden Jokowi pada Selasa (20/7).

Kasus Covid-19 di Jawa Timur mulai menurun seiring dengan pemberlakukan PPKM darurat.