Nyaris Seluruh Jawa Timur Berstatus Zona Merah, Cuma Lima Daerah Ini Berisiko Sedang

Rabu, 21 Juli 2021 – 12:55 WIB
Nyaris Seluruh Jawa Timur Berstatus Zona Merah, Cuma Lima Daerah Ini Berisiko Sedang - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - DPRD Surabaya mendorong pemkot setempat melakukan langkah-langkah luar biasa dalam penanganan COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 33 daerah di Jawa Timur saat ini berstatus zona merah alias wilayah dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

"Pekan ini ada 33 daerah, setelah pekan lalu 19 daerah. Lalu ada lima daerah zona oranye/jingga atau berisiko sedang," ujar anggota Satgas-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril, Rabu (21/7)

Jibril mengatakan lima daerah yang masuk zona oranye ialah Kota Probolinggo, Sumenep, Kota Blitar, Pamekasan, dan Sampang.

Dokter Jibril menjelaskan naiknya angka dan bertambahnya daerah zona merah karena kasus yang meningkat selama sepekan terakhir.

Dia menyebut faktor peningkatan kapasitas pengujian maupun pemeriksaan sampel yang naik tiga kali lipat membuat pelacakan kasus Covid-19 meningkat.

"Penentuan zona dari Satgas Pusat juga karena didasarkan 15 indikator epidemiologi mingguan," ucap Jibril.

Tercatat sebanyak 5.654 kasus baru terkonfirmasi positif, 2.582 kasus sembuh dan 268 kasus meninggal dunia di Jawa Timur hingga 20 Juli.

Secara kumulatif sudah ada 249.245 kasus Covid-19 di Jawa Timur, dengan rincian 48.569 pasien dirawat, 184.213 orang sembuh, dan 16.463 orang meninggal. (mcr6/antara/jpnn)

Sebanyak 33 daerah di Jawa Timur saat ini berstatus zona merah alias wilayah dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News