Desa-Desa Wisata Diharapkan Saling Bekerja Sama

Senin, 19 Juli 2021 – 14:02 WIB
Desa-Desa Wisata Diharapkan Saling Bekerja Sama - JPNN.com Jatim
Panen kopi di Desa Wisata Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (ANTARA/ HO - Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pemkab Lumajang, Jawa Timur berharap desa-desa swasta di wilayah setempat mampu membangun jaringan secara luas.

Plt. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo mengatakan jaringan tersebut dibangun sehingga antara desa wisata satu dengan yang lainnya bisa saling bekerja sama.

"Kami mengharapkan kerja sama antara desa wisata itu terjalin tidak hanya di lingkup lokal, melainkan pula di tingkat nasional," kata Yoga, mengutip laman resmi pemkab Lumajang, Senin (19/7).

Yoga menyebutkan ada sembilan desa wisata di Lumajang yang telah masuk dalam jaringan desa wisata nasional sejauh ini.

Kesembilan desa wisata itu, antara lain, Desa Adat Argosari B29, Gucialit, Kampung Lereng Semeru Pasrujambe, Ranu Bedali, Ranupani, Sari Kemuning, Senduro, Sidomulyo, dan Sumbermujur.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang pun baru saja mengikuti Opening Bimtek dan Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Dengan ikut serta dalam bimtek itu dapat mengevaluasi kekurangan yang ada sesuai dengan standar yg ditentukan kementerian," ujar Yoga. (mcr13/jpnn)  

Pemkab Lumajang, Jawa Timur berharap desa-desa swasta di wilayah setempat mampu membangun jaringan secara luas.
Sumber Antara