Koperasi RW, Solusi Atasi Maraknya Kasus Pinjol Kala Pandemi

Selasa, 29 Juni 2021 – 09:22 WIB
Koperasi RW, Solusi Atasi Maraknya Kasus Pinjol Kala Pandemi - JPNN.com Jatim
Sosialisasi pembentukan koperasi RW di Kota Kediri, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Pemkot Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemkot Kediri, Jawa Timur mendorong pembentukan koperasi RW guna menangani rentenir maupun pinjaman online (pinjol) yang meresahkan warga dengan memberikan bunga pinjaman besar.

Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri, Satria Sani mengharapkan dengan pembentukan koperasi RW bisa menghidupkan kegiatan ekonomi warga.

"Koperasi itu mempermudah para pelaku usaha mendapat akses permodalan melalui RW sekaligus memberantas rentenir," kata Satria, Senin (28/6).

Pemkot menargetkan pembentukan koperasi RW di Kota Kediri bisa tuntas dan aktif pada 2025.

"Hingga kini, sudah ada 176 koperasi RW yang terbentuk dari total 325 RW di Kota Kediri," ujar Satria.

Dia mengharapkan pembentukan koperasi itu bisa segera rampung mengingat kasus pinjaman uang dengan bunga yang sangat memberatkan, seperti pinjol kian marak pada masa pandemi ini.

Para pelaku pinjol itu mengiming-imingi dana cair dengan cepat dan persyaratan mudah hingga akhirnya banyak orang yang akhirnya terjerat utang yang besar.

Koperasi Mitra Sejahtera Kediri Suyoto mengungkapkan koperasi RW-nya sukses menggeser posisi rentenir (bank plecit) di lingkungannya.

Pembentukan koperasi RW didorong guna menangani rentenir maupun pinjaman online (pinjol) yang meresahkan warga dengan memberikan bunga pinjaman besar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News