Juni 2021, Tren Pasien dari Klaster Keluarga dan Institusi di RSLI Meningkat

Senin, 28 Juni 2021 – 23:15 WIB
Juni 2021, Tren Pasien dari Klaster Keluarga dan Institusi di RSLI Meningkat - JPNN.com Jatim
Dalam beberapa hari belakangan, pasien dari klaster keluarga dan instansi di RSLI Surabaya meningkat. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Jawa Timur mengalami lonjakan pasien COVID-19 selama sebulan belakangan.

Penanggung Jawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mencatat selama Juni 2021, mayoritas pasien yang datang di tempatnya berasal dari klaster keluarga dan instansi.

Adapun hingga saat ini, pasien yang dirawat sebanyak 358 orang terdiri atas 62 pasien dari klaster pekerja migran Indonesia (PMI), 21 orang dari hasil penyekatan dan limpahan kasus daerah.

Berikutnya, 227 pasien mandiri dan masih ada ada pasien yang mengantre masuk sekitar 213 orang.

Nalendra menerangkan jumlah total kapasitas di fasilitas kesehatannya saat ini 410 tempat tidur pasien. Namun lantaran banyaknya pasien yang mengantre bakal digenapkan menjadi 500 unit.

"Hari ini, 50 bed yang dipinjamkan ke Bangkalan sudah dikembalikan dan akan dimasukkan ke lantai dua gedung museum kesehatan untuk penambahan kapasitas RSLI. Sisanya menggenapi 500 akan diupayakan segera," kata Nalendra, Senin (28/6).

Dia menjelaskan sejak awal Juni ini, komposisi pasien didominasi PMI dan klaster Bangkalan. Tetapi, 10 hari terakhir jumlah jumlah pasien dari Surabaya meningkat tajam 63,4 persen dari klaster keluarga hingga institusi.

Nalendra menduga itu disebabkan akibat lanjutan dari liburan panjang pasca-Lebaran serta kendurnya masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

umah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Jawa Timur mengalami lonjakan pasien COVID-19 selama sebulan belakangan, khususnya dari klaster keluarga.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News