Berikut Wacana Anyar Rusun 20 Lantai di Surabaya

Jumat, 25 Juni 2021 – 09:30 WIB
Berikut Wacana Anyar Rusun 20 Lantai di Surabaya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pemkot Surabaya didorong untuk merealisasikan wacana pembangunan rusun 20 lantai. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Legislator mengusulkan Pemkot Surabaya membangun rumah susun (rusun) 20 lantai menyusul kebutuhan tempat tinggal yang tinggi saat ini.

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma mengungkapkan sejauh ini pemkot hanya membangun rusun lima lantai saja setiap bloknya. Padahal daftar tunggu penghuni rusun di Kota Pahlawan saat ini telah melebihi 9.000 orang.

Bila wacana itu disetujui, menurut William, pertama kali yang perlu dibangun untuk lantai dasar rusun ialah area perdagangan dan food court, baru kemudian dibangun kamar hingga lantai 20.

Dengan demikian, antara tempat hunian atau kamar dengan food court nantinya terintegrasi.

"Jadi, lantai dasar itu bisa dimanfaatkan warga rusun untuk membantu perekonomian mereka bagi yang ingin berjualan," kata William, Juma (25/6).

Jika ke depannya, warga rusun tersebut memiliki stan food court dan pendapatannya sudah mampu untuk menyewa rumah, maka yang bersangkutan bisa digantikan dengan penghuni baru dari kalangan tidak mampu.

Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya itu juga mengusulkan agar pemerintah memberikan pelayanan publik berupa puskesmas serta transportasi publik di rusun.

"Sehingga warga setempat bisa mandiri dari sisi ekonominya," ujar William.

Pemkot Surabaya didorong untuk membangun rumah susun (rusun) 20 lantai menyusul kebutuhan tempat tinggal yang tinggi saat ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News