Masyaallah, Gresik Buka PPDB Jalur Tahfiz Al-Qur'an Tanpa Seleksi

Sabtu, 29 Mei 2021 – 18:05 WIB
Masyaallah, Gresik Buka PPDB Jalur Tahfiz Al-Qur'an Tanpa Seleksi - JPNN.com Jatim
Sejumlah wali murid melakukan verifikasi piagam prestasi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Jumat (28/5) (ANTARA Jatim/HO Andika/Am)

jatim.jpnn.com, GRESIK - Pemkab Gresik membuka jalur Penerimaan peserta didik baru (PPDB) khusus tahfiz Al-Qur’an untuk SMP.

Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Gresik Nur Maslichah mengatakan para pendaftar di jalur tahfiz Al-Qur’an hanya perlu menjalani uji petik pada Senin (31/5).

"Pengujinya nanti dari MUI. Nanti dites hafalannya, kemudian diberi penilaian. para peserta bisa bebas memilih sekolah jika lulus uji petik," kata Maslichah di Gresik, Jawa Timur, Sabtu (29/5).

Maslichah mengatakan untuk jalur tahfiz sejauh ini pendaftarnya masih sebanyak 28 siswa.

Secara umum PPDB di Gresik menyesuaikan jadwal dari pemerintah yang akan dibuka pada 31 Mei 2021.

Adapun ada empat jalur bagi calon siswa yang mengikuti PPDB dengan menjalani dua tahapan.

Tahap pertama ialah jalur afirmasi dengan kuota 15 persen, kemudian jalur perpindahan lima persen dan jalur prestasi 30 persen, dengan pendaftaran berlangsung pada 31 Mei-9 Juni.

Kemudian, tahap kedua, digunakan untuk jalur zonasi dengan kuota 50 persen, dengan jadwal pendaftaran pada 31 Mei-17 Juni.

Pemkab Gresik membuka jalur Penerimaan peserta didik baru (PPDB) khusus tahfiz Al-Qur’an untuk SMP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News