Gus Yani Ingin Freeport Bangun Smelter di Gresik

Sabtu, 29 Mei 2021 – 17:43 WIB
Gus Yani Ingin Freeport Bangun Smelter di Gresik - JPNN.com Jatim
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, (ANTARA Jatim/Malik Ibrahim)

jatim.jpnn.com, GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meminta pabrik pemurnian dan pengolahan atau smelter PT Freeport Indonesia dibangun di wilayahnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yani itu menyebut jumlah tenaga kerja dan lokasi pembangunan di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kecamatan Manyar telah siap.

"Progres tanah selesai, investasi lahan sudah masuk, mudah-mudahan ada kejelasan," kata Gus Yani saat menerima kunjungan anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (28/5).

Menanggapi hal itu, Ridwan mendukung agar smelter tetap di Gresik dan menegaskan program pertambangan energi tersebut menjadi perhatian bersama.

Dia menjelaskan apabila smelter Freeport dibangun di Gresik, BUMD setempat akan dilibatkan dalam dalam program tersebut, serta pemerintah daerah punya saham partisipasi.

"Lahan dan jumlah tenaga kerja sudah sangat siap di Gresik. Sebanyak tenaga kerja 10 ribu pun siap, kami perjuangkan selama belum di dok," katanya.

Ridwan menyebut proyek smelter di Gresik sudah dirintis sejak lama sebelum Politisi Golkar itu masih duduk di pucuk pimpinan DPRD Jawa Timur.

"Dengan adanya smelter di Gresik akan memberikan dampak berkelanjutan seperti mampu menyerap sebanyak 10 ribu tenaga kerja dan perputaran ekonomi di Jawa Timur," katanya.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meminta pabrik pemurnian dan pengolahan atau smelter PT Freeport Indonesia dibangun di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News