Buruh Demo di Rungkut Industri Surabaya Dikeroyok Ratusan Preman, Diduga Sewaan Perusahaan

Jumat, 18 Februari 2022 – 08:45 WIB
Buruh Demo di Rungkut Industri Surabaya Dikeroyok Ratusan Preman, Diduga Sewaan Perusahaan - JPNN.com Jatim
Aksi bentrokan antara buruh dengan preman di kawasan Rungkut Industri Surabaya. Foto: Dok. Pribadi Ahamd Arifin untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bentrokan buruh saat berdemo mogok kerja di PT Mikatasa dengan ratusan preman sewaan terjadi di kawasan Rungkut Industri, Surabaya, Kamis (17/2) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam bentrokan itu ada sebanyak 15 buruh menjadi korban pengeroyokan dari para preman.

Korlap Aksi Ahmad Arifin menjelaskan saat melakukan aktivitas mogok kerja menduduki pabrik, tiba-tiba dua truk berisikan preman dengan berbagai atribut datang dan memukuli buruh.

“Mereka datang membawa alat seperti pemotong rantai, balok kayu, sampai paving. Teman-teman kami dihajar tanpa kompromi,” kata Ahmad.

Ahmad menduga preman-preman itu suruhan dari perusahaan untuk membubarkan barikade buruh. Pihaknya tak bisa menghadapi kawanan preman itu karena banyak yang membawa senjata.

“Mereka semua preman suruhan dari perusahaan. Sudah 12 hari aksi mogok kerja untuk mencari kejelasan nasib kami, kalau di-PHK enggak apa-apa asal diberikan hak sesuai peraturan,” ujarnya.

Selain itu, belasan motor buruh juga dirusak para preman tersebut. Ahmad sudah melaporkannya ke Polsek Tenggilis Mejoyo dan Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan peristiwa kesusahan itu akan didalami oleh pihaknya.

Buruh yang berdemo mogok kerja di Kawasan Rungkut Industri Surabaya digeruduk preman lalu dipukuli.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News