Lihat, Ada Becak Masuk Tol demi Mudik

Sabtu, 15 Mei 2021 – 19:15 WIB
Lihat, Ada Becak Masuk Tol demi Mudik - JPNN.com Jatim
Seorang tukang becak yang membawa dua penumpang melewati Gerbang Tol Tandes Timur 1, Surabaya. Foto: Tangkapan layar WhatsApp Group

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebuah video yang memperlihatkan becak dengan satu penggenjot dan dua penumpang masuk tol beredar melalui aplikasi pesan. Peristiwa itu terjadi di Tol Tandes Timur 1 (KM2 900), Surabaya.

Video berdurasi satu menit itu memperlihatkan pengemudi becak dengan nada santai mengaku hendak melintasi gerbang tol. Setibanya di gerbang tol, pria bertopi cokelat dengan rompi hitam itu menuntun becak pelan-pelan.

"Mlebu golongan piro? Telu, yo? (Masuk golongan berapa? Tiga ya?, red)," ucap suara dalam video  itu.

Petugas yang mengetahui hal itu langsung menghentikan becak tersebut. Namun, sang pengemudi becak mengeyel tetap melintas dengan alasan telanjur mengayuh terlalu jauh.

Penggenjot becak itu mengaku sudah sering melewati tol tersebut seperti kendaraan lain pada umumnya.

"Biasane oleh, Pak. Pernah aku lewat. Biyen bayar (Aku lewat sana. Biasanya boleh. Dulu bayar)," ucap pengemudi becak tersebut kepada petugas tol.

Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto menyatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (14/5). Becak itu melewati jalan bebas hambatan tersebut setelah masuk dari gerbang terbuka Tol Dupak KM 0+000.

"Di KM Nol Pasar Loak itu tidak ada penjaganya, jadi, dia (penggenjot becak, red) langsung saja masuk," ujar Andjar saat dikonfirmasi, Sabtu (15/5)

Menurut Andjar, becak itu masuk dari arah Pasar Turi menuju Margomulyo. "Di tol itu masuk dulu bayarnya belakangan," ucapnya.

Andjar menjelaskan tukang becak itu bersama dua penumpang yang tak lain keluarga sendiri. Mereka dalam perjalanan pulang ke kawasan Margomulyo untuk mudik.

"Penumpangnya diam saja karena masih saudara. Mereka istilahnya itu mau mudik lokal," ungkap Andjar.

Oleh karena itu, Andjar menyatakan tukang becak itu sengaja masuk tol. "Dia lihat ini sepi lalu dia lewat tol. Dia meyakini kalau sepi boleh lewat tol," ucapnya.

Memang pengemudi becak itu sempat mengeyel. Namun, pengelola tol tetap melarangnya melintas.

Sebuah video yang memperlihatkan becak dengan satu penggenjot dan dua penumpang memasuki Gerbang Tol Tandes Timur, Surabaya.