Banyak Pejabat Publik Terjerat Korupsi, GNPK Beri Peringatan kepada 38 Kepala Daerah di Jatim

Kamis, 20 Januari 2022 – 17:40 WIB
Banyak Pejabat Publik Terjerat Korupsi, GNPK Beri Peringatan kepada 38 Kepala Daerah di Jatim - JPNN.com Jatim
GNPK Jatim mengingatkan 38 kepala daerah memberikan pelayanan pemerintahan dengan tulus dan ikhlas. Foto: Dok. GNPK Jatim untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - DPP Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) prihatin dengan banyaknya pejabat publik di Jatim yang terjerat kasus korupsi.

Pihaknya pun membuat seminar bertajuk “Kepala Daerah Dalam Pusaran Korupsi”. Acara tersebut dihadiri kepala daerah dari 38 kabupaten/kota se-Jatim sebagai upaya mitigasi korupsi.

Seminar itu juga dihadiri Jenderal TNI (Purn) Wiranto dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak. 

Ketua Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat DPP GNPK Jatim, Miko Saleh mengatakan acara tersebut membahas sejumlah materi mengenai langkah strategis pencegahan korupsi yang bisa menjerat kepala daerah.

"Pusaran korupsi terjadi akibat kebijakan politis yang mana ujung-ujungnya bukan lagi untuk kepentingan rakyat," kata Miko tertulis, Kamis (20/1).

Menurutnya, kepentingan politis yang berlebihan membuat sikap dan perilaku kepala daerah mudah terbaca sehingga terjadi korupsi. 

Miko menyebut bahwa Wagub Emil sudah mengingatkan para bupati dan wali kota se-Jatim mengantisipasi korupsi saat memberikan pelayanan publik.

"Khususnya dalam pelayanan tingkat pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Saya meminta wali kota dan bupati supaya menjalankan roda kepemimpinan pemerintahan dengan tulus dan ikhlas," ujar dia.

GNPK Jatim mengingatkan 38 kepala daerah memberikan pelayanan pemerintahan dengan tulus dan ikhlas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News