Minggu Sore, Banjir Melanda Sejumlah Kawasan di Jember, 150 Rumah Terendam

Senin, 10 Januari 2022 – 06:59 WIB
Minggu Sore, Banjir Melanda Sejumlah Kawasan di Jember, 150 Rumah Terendam - JPNN.com Jatim
Warga mengevakuasi sebuah mobil yang terseret derasnya banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai di Kabupaten Jember, Minggu (9/1/2022). (ANTARA/HO-Medsos)

jatim.jpnn.com, JEMBER - BPBD Jember menyatakan setidaknya 150 rumah warga dan tiga fasilitas umum terdampak bencana banjir pada Minggu (9/1) sore setelah hujan deras melanda di wilayah setempat. 

"Ada tiga kecamatan yang terdampak bencana banjir, yakni Panti, Kaliwates, dan Rambipuji," kata Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo.

Dia menerangkan pada Minggu (9/1) siang sekitar pukul 13.00 WIB hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat selama lebih dari tiga jam. Akibatnya, sungai tidak mampu menampung debit air. Air pun meluap ke permukiman warga setinggi 100-130 cm.

"Kami melakukan asesmen, mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir lebih dari satu meter, mendistribusikan bantuan, mendirikan dapur umum mandiri, serta membersihkan perabotan yang terkena lumpur," ujarnya

Lokasi terdampak yang paling parah, yakni Perumahan Bumi Mangli Permai yang ketinggian airnya lebih dari satu meter, bahkan satu mobil terseret banjir di sana.

Selain itu, jalur utama menuju Kota Jember juga tergenang banjir hingga hampir satu meter sehingga arus lalu lintas mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Tidak sedikit kendaraan yang mogok. Terlihat sejumlah petugas bahu membahu membantu warga yang terjebak kemacetan serta mengatur lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan untuk mencari jalur alternatif.

"Kami melakukan penutupan di Simpang 4 Mangli, terutama yang menuju kota," kata Kasi Humas Polres Jember, Iptu Brisan.

Bupati Jember Hendy Siswanto langsung turun ke lokasi banjir untuk mengecek dampak dari banjir yang pada Minggu malam sudah mulai surut.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News