Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Terjang Sejumlah Desa, Akses Warga Terputus

Senin, 03 Januari 2022 – 04:57 WIB
Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Terjang Sejumlah Desa, Akses Warga Terputus - JPNN.com Jatim
Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah kawasan di lereng gunung setempat di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (2/1/2022). (ANTARA/HO-BPBD Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Jembatan darurat penghubung antardesa di Lumajang terputus setelah banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang, Minggu (2/1)

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang menerangkan pada pukul 15.00 WIB, lahar dingin memasuki daerah aliran Kali Regoyo yang berada di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian. 

“Lahar dingin membawa material batu dan lumpur," kata Joko.

Petugas Pos Pantau Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur sebelumnya melaporkan getaran banjir yang terekam dalam seismograf sejak pukul 10.48 hingga 16.02 WIB.

Pada pukul 14.25 WIB, getaran banjir terekam dengan amplitudo maksimal 38 dan 40 mm (over scala). 

Lalu pada pukul 15.11 WIB, getaran banjir terekam di semua stasiun seismograf dengan cukup besar intensitasnya. Pada jam 15.24 WIB bahkan getaran banjir masih over skala pada semua seismograf.

"Banjir lahar dingin pascaletusan Gunung Semeru disebabkan curah hujan tinggi di seputar lereng dan sebagian besar di wilayah Kabupaten Lumajang," ujar Joko.

Dia menjelaskan beberapa dampak akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru memutus kembali jalur Curah Kobokan menuju Dusun Sumbersari di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah desa pada Minggu (2/1) dan menimbulkan sejumlah dampak berikut ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News