Nyatakan Maju Lagi Jadi Ketum PBNU, Said Aqil Akui Sudah Ziarahi Makam Gus Dur

Kamis, 09 Desember 2021 – 08:38 WIB
Nyatakan Maju Lagi Jadi Ketum PBNU, Said Aqil Akui Sudah Ziarahi Makam Gus Dur - JPNN.com Jatim
Calon Ketua Umum PBNU, Kiai Said Aqil Siroj (tengah) memberikan keterangan pers usai bertemu dengan pengurus wilayah NU di Jakarta, Rabu (8/12/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Said Aqil Siroj resmi menyatakan maju lagi menjadi calon Ketua Umum PBNU dalam Muktamar ke-34 NU di Provinsi Lampung, 23-25 Desember 2021.

Said Aqil mengutarakan sejumlah kiai sepuh memintanya kembali memimpin PBNU, di antaranya, Habib Luthfi (Perkalongan), Tuan Guru Turmudzi (Lombok), Kiai Muhtadi Dimyathi (Banten), Kiai Dimyati Rois (Kendal), Kiai Agoes Ali Masyhuri (Sidoarjo), dan Kiai Bustomi (Tasikmalaya).

"Saya terima permintaan atau perintah dari para kiai sepuh," kata dia, Rabu.

Said menjelaskan ketika ada permintaan dari kiai sepuh itu, dirinya tidak serta-merta mengiyakan.

Selain menimbang-nimbang cukup lama, dia juga melakukan laku spiritual dengan melaksanakan salat istikharah.

Dia pun berziarah ke makam aulia, antara lain, pusara Habib Luar Batang, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel Surabaya, dan Gus Dur.

"Setelah ziarah ke makam para aulia itu, saya mendapatkan ketenangan dan ketetapan hati," kata Ketua Umum PBNU dua periode itu.

Selain dari kiai sepuh, menurut Kiai Said, permintaan agar dirinya mencalonkan lagi juga datang dari Pengurus Wilayah dan Cabang NU.

Kiai Said Aqil mengutarakan dirinya didiukung menjadi Ketum PBNU lagi oleh sejumlah kiai sepuh dan pengurus wilayah dan cabang NU.
Sumber Antara