Sambut Harlah 1 Abad NU, Pengurus Besar Gelar Muktamar Internasional

Minggu, 05 Februari 2023 – 15:59 WIB
Sambut Harlah 1 Abad NU, Pengurus Besar Gelar Muktamar Internasional - JPNN.com Jatim
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf saat konferensi pers di Hotel Shangri-La Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal menggelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban I yang akan dilaksanakan di Hotel Shangri-LA Surabaya pada Senin (6/1) mendatang.

Acara tersebut dalam rangka menyambut peringatan Harlah 1 Abad NU yang puncaknya digelar pada lusa, Selasa (7/1) di GOR Delta Sidoarjo.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan tujuan diadakannya muktamar itu untuk menginisiasi wacana tentang peradaban di masa depan dengan perspektif Islam.

“Bagaimana sumbangan Islam untuk peradaban serta agenda-agenda yang nanti akan diluncurkan dalam rangka memperjuangkan masa depan peradaban,” kata Gus Yahya, sapaan akrabnya, saat konferensi pers di Hotel Shangri La, Minggu (5/1).

Dia mengungkapkan selama ini NU punya wacana besar tentang toleransi dan liberasi beragama. Namun, ada kekosongan besar dalam wawasan syariat yang valid terkait dengan konstruksi peradaban.

“Dengan muktamar itulah, kami hendak memulai satu perbincangan, satu wacana yang serius di kalangan ulama ahli fikih tentang bagaimana sebetulnya wawasan tentang masa depan peradaban itu dikaitkan dengan nilai-nilai syariat yang valid,” katanya.

Menurutnya, muktamar tentang peradaban yang akan diselenggarakan satu hari saja itu tentu tidak akan cukup.

Meski begitu, diharapkan acara tersebut berhasil menggulirkan proses keilmuaan yang valid di antara ulama.

Menjelang Harlah 1 Abad NU, muktamar internasional nantinya akan dihadiri oleh puluhan ulama dari berbagai negara.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News