Kabar Bahagia: Jembatan Gladak Perak di Lumajang Dibangun Kembali

Selasa, 07 Desember 2021 – 17:55 WIB
Kabar Bahagia: Jembatan Gladak Perak di Lumajang Dibangun Kembali - JPNN.com Jatim
Jembatan Gladak Perak yang terputus akibat awan panas guguran Gunung Semeru (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan Lumajang dengan Kabupaten bakal kembali dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jembatan tersebut sebelumnya ambruk akibat awan panas guguran (APG) saat erupsi Gunung Semeru.

"Kami akan membangun kembali jembatan Gladak Perak di titik yang sama, tetapi dengan struktur bangunan yang berbeda," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, Selasa (7/12).

Menurutnya, kerusakan jembatan Gladak Perak diduga disebabkan karena pondasi yang menopang dari bawah sudah terkikis terjangan lahar dingin, ditambah dengan pengaruh awan panas guguran saat erupsi Gunung Semeru.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan konstruksi ulang struktur bangunan jembatan Gladak Perak agar nantinya tidak bergantung pada pondasi bawah.

"Konstruksinya akan dibalik. Jadi, kami nanti tidak akan gunakan pondasi di bawah, tetapi sifatnya nanti melengkung ke atas," tutur Hedy.

Dia menjelaskan untuk lokasi, panjang, dan lebar bangunan jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang-Malang itu akan sama seperti sebelumnya.

"Untuk titiknya tatap, bentangannya relatif sama, kecuali ada kebutuhan yang lain nantinya," ujar dia.

Jembatan Gladak Perak yang sebelumnya ambruk saat erupsi Gunung Semeru akan segera dibangun kembali.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News