Gunung Semeru Meletus, Satu Kecamatan di Lumajang Terdampak

Sabtu, 04 Desember 2021 – 20:14 WIB
Gunung Semeru Meletus, Satu Kecamatan di Lumajang Terdampak - JPNN.com Jatim
Awan panas yang keluar dari Gunung Semeru. Foto: Pos Pengamatan Gunung Api Sawur/VFT)/HO/Antara

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Satu kecamatan di Lumajang terdampak letusan dan guguran awan panas Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB, yakni Pronojiwo.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan kejadian itu diamati dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

"Kronologinya, getaran banjir lahar atau guguran awan panas mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter," kata Muhari.

Lalu pada pukul 15.10 WIB, abu vulkanik dari guguran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang.
Selain itu, laporan visual dari beberapa titik lokasi juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat guguran lava pijar Gunung Semeru teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

"BPBD Lumajang pun telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan," ujar dia.

Anggota BPBD Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo.

Mereka melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat letusan Gunung Semeru.

Satu kecamatan di Lumajang terdampak letusan dan guguran awan panas Gunung Semeru pada Sabtu (4/12).
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News