alexa

Bipang

Senin, 10 Mei 2021 – 04:44 WIB
 Bipang - JPNN.com Jatim
Bipang Ambawang. Foto: Instagram/bipangambawang

jatim.jpnn.com - Bipang Ambawang tiba-tiba menjadi viral nasional gegara pidato Presiden Jokowi pada event Hari Bangga Buatan Indonesia (5/5). Dalam pidato yang diunggah kanal Kementerian Perdagangan di YouTube, Jokowi mengajak masyarakat memesan bipang Ambawang sebagai oleh-oleh Lebaran.

Bipang ternyata adalah babi panggang, sedangkan Ambawang merupakan nama sebuah daerah di Kalimantan Barat.

Kalau seumur hidup Anda belum pernah dengar nama daerah Ambawang atau alih-alih mengunjungi wilayahnya, tidak perlu galau. Kalau sekarang baru ngeh bahwa Ambawang itu ada di Kalimantan Barat, Anda juga tidak perlu risau.

Yang harus Anda lakukan cuma satu, berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah meng-endorse Ambawang yang dalam sekejap menjadi viral nasional.

Sebagian besar dari kita mungkin juga baru tahu Ambawang punya makanan khas yang terkenal, yaitu bipang alias babi panggang. Sekali lagi, thank to Pak Jokowi.

Perihal pengetahuan geografis kita yang rendah, harap dimaklumi karena sudah lama pelajaran geografi atau ilmu bumi dihapus dari mata pelajaran di sekolah.

Baca Juga:

Pada video itu Jokowi  awalnya mengingatkan bahwa saat ini pemerintah melarang mudik Lebaran demi keselamatan warga.

"Bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," kata Jokowi dalam video itu.