Penting untuk Industri Kopi, Mahasiswa UB Berhasil Bikin Alat ini

Rabu, 11 Agustus 2021 – 12:20 WIB
Penting untuk Industri Kopi, Mahasiswa UB Berhasil Bikin Alat ini - JPNN.com Jatim
CREATOR, alat uji tes biji kopi yang didesain lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang juara di ajang ICGAB. Foto: Antara/HO-UB/End

jatim.jpnn.com, MALANG - Alat uji tes biji kopi yang didesain lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menyabet penghargaan di ajang International Conference on Green Agro-Industry and Bioeconomy (ICGAB). Alat ini penting dan berguna untuk industri kopi ke depannya.

Alat yang bernama CREATOR (Coffee Grade Detector) itu merupakan alat Cupping test atau tahapan pemeriksaan biji kopi yang biasa dilakukan profesional kopi. Biasanya tahapan ini dilakukan sebelum biji kopi dipasarkan.

"Cupping test merupakan tahapan yang sangat krusial sebelum biji kopi siap dipasarkan. Sayangnya tahap ini membutuhkan waktu yang lama dan hanya dapat dilakukan oleh panelis profesional, sedangkan jumlah panelis profesional di Indonesia masih sangat terbatas," kata anggota tim, Arini Robbil Izzati Ulinnuha, Selasa (10/8).

Arini mengatakan alat yang mereka ciptakan berbentuk cangkir itu bisa membantu proses cupping test berlangsung lebih cepat dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Soal kopi yang berkualitas, proses roasting atau penyangraian memiliki andil yang cukup besar. "Tahap ini juga dapat mempengaruhi penilaian mutu kopi pada saat cupping test," ujarnya.

Arini bekerja bersama ke-4 kawannya yakni Muhammad Alfin Bahtiar, Afid Nauri Rahman, Ilham Rhamadan, dan Risqita Cahyaning Wulansari. Mereka di bawah bimbingan dosen FTP Zaqlul Iqbal, S.TP, M.Si.

Menurut Arini, pembuatan CREATOR memang terdorong dari maraknya industri kopi di Indonesia terutama di Kota Malang di mana warung maupun cafe yang menjual kopi sangat banyak dan beragam.

Kemampuan dan kulaitas CREATOR ini masih akan terus dikembangkan. "Kemampuan luar biasa pada instrumen ini masih akan terus dikembangkan dengan harapan suatu saat proses cupping test yang konvensional dapat diperbarui dengan teknologi modern yang lebih efisien ini,” kata Iqbal.

Alat uji tes biji kopi yang didesain lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menyabet penghargaan di ajang ICGAB
Sumber Antara