Roundbox: Studio Animasi Asal Malang yang Sudah Go International

Selasa, 10 Agustus 2021 – 17:10 WIB
Roundbox: Studio Animasi Asal Malang yang Sudah Go International - JPNN.com Jatim
Riko The Series salah satu karya studio Roundbox asal Malang. Foto: malangkota.go.id

jatim.jpnn.com, MALANG - Kota Malang merupakan kota yang banyak mengembangkan studio animasi. Studio-studio ini bahkan sudah mendunia atau mencapai level internasional.

Salah satu yang sedang berkembang sekarang adalah studio Roundbox, terletak di Jalan Kendal Sari Barat, No 9 & 11, Kota Malang.

Roundbox telah terlibat dalam mengerjakan dan mengembangkan proyek-proyek animasi besar seperti Nussa, Riko The Series, Jojo & Friends, Pets United yang tayang di Netflix, AstroLoLogy, Ajisaka, Peter Rabbit, Oddbots serta berbagai proyek yang masih berjalan lainnya.

“Kami juga telah ikut memproduksi beberapa intellectual property (IP), seri, dan juga film unggulan. Dua tahun ini kami mengembangkan IP sendiri, seperti Riko The Series Funding dari Garis Sepuluh,” kata Mahrus Ali, CEO Roundbox mengutip dari laman Pemkot Malang.

Mahrus Ali juga mengatakan bahwa ada beberapa yang saat ini masih servis seperti dari Korea, jadi masih terus berjalan. Rencananya akhir tahun ini proyek itu akan tayang di Eropa. Jadi untuk klien-klien Roundbox lebih banyak dari luar negeri, seperti Malaysia, China, Eropa, dan Singapura.

Di masa pandemi ini, studio Roundbox mendapat banyak permintaan membuat hiburan di rumah. Beberapa proyek yang telah mereka kerjakan dapat dilihat melalui website https://roundboxanimation.com/#

Roundbox didirikan tahun 2017 sebagai usaha kreatif anak muda di Kota Malang. Studio ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Malang Sutiaji atas kontribusinya dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Sektor ekonomi kreatif menjadi penyokong pertumbuhan perekonomian Kota Malang. Di tengah terpaan pandemi Covid-19, ekonomi Kota Malang tumbuh dalam kisaran 3,83 persen hingga 4 persen,” ujar Wali Kota Sutiaji.

Roundbox telah terlibat dalam mengerjakan dan mengembangkan proyek-proyek animasi besar di level internasional