Tunjungan Plaza Mulai Buka, Baca Syaratnya

Selasa, 10 Agustus 2021 – 15:45 WIB
Tunjungan Plaza Mulai Buka, Baca Syaratnya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pelaku usaha tak setuju wacana pengunjung pusat perbelanjaan dan mal disyaratkan menunjukkan sertifikat vaksinasi. Ilustrasi Foto: Antara

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah sudah mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali sampai 16 Agustus 2021. Namun selama perpanjangan ini pemerintah juga akan mulai melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan.

"Pemerintah melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal di wilayah dengan memperhatikan implementasi proses kesehatan," ungkap Luhut dalam jumpa pers melalui video virtual, Senin (9/8).

Salah satu mal yang akan melakukan pembukaan secara gradual adalah Tunjungan Plaza Surabaya. Mal Tunjukan Plaza akan mulai dibuka Selasa (10/8).

Hal itu diumumkan dalam akun Instagram @tunjungan_plaza, bahwa mulai selasa, 10 Agustus 2021 jam operasional mall akan disesuaikan. Dalam hal ini mal akan beroperasi pada Hari Senin-Minggu pukul 10.00-20.00 WIB.

Dalam postingan itu, pihak Tunjungan Plaza juga memberikan keterangan syarat pengunjung yakni pengunjung yang ingin masuk minimal sudah mendapatkan vaksin dosis pertama.

Cara memperlihatkan bukti vaksin ini ialah pengunjung dihimbau mendownload aplikasi PeduliLindungi. Setelah mendaftar dan membuat akun aplikasi PeduliLindungi, pengunjung akan masuk dengan memperlihatkan Scan QR Code di dalam aplikasi pada petugas security.

Lalu pihak mal juga memberi beberapa syarat, yakni untuk ibu hamil atau orang yang memiliki riwayat kesehatan tertentu yang tidak diperbolehkan vaksin diwajibkan menunjukkan keterangan dokter dan antigen tes (1x24 jam) atau tes PCR (2x24 jam) dengan hasil negatif.

Sedangkan untuk penyintas Covid-19 wajib menunjukkan tes antigen (1x24 jam) atau tes PCR (2x24 jam) dengan hasil negatif. Anak-anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun tidak diizinkan masuk ke area mall.

Selama perpanjangan PPKM pemerintah akan mulai melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan.