Main Musik Biola 45 Jam Nonstop, Arul Harap 10 November Jadi Libur Nasional

Selasa, 09 November 2021 – 16:01 WIB
Main Musik Biola 45 Jam Nonstop, Arul Harap 10 November Jadi Libur Nasional - JPNN.com Jatim
Seniman Asal Surabaya Arul Lamandau (39) saat memainkan musik biolanya 45 Jam nonstop untuk peringati hari Pahlawan. Foto : Ardini Pramitha /JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Berbagai cara bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11) besok. Salah satunya seniman asal Surabaya, Arul Lamandau (39) yang bakal memainkan musik biolanya selama 45 jam nonstop.

Arul akan mempertontonkan keahliannya tersebut mulai Selasa (9/11/2021) pukul 00.00 WIB, sampai Rabu (10/11/2021), pukul 21.00 WIB, Museum Pers, Seberang Hotel Majapahit.

Sebelum tampil, Arul mengunjungi makam beberapa tokoh ternama dengan berjalan kaki. Dari makam Bung Tomo, Gombloh, Cak Durasim, hingga WR Supratman, sebagai bentuk permohonan doa restu agar sukses membawakan penampilannya.

"Persiapannya sudah beberapa bulan yang lalu. Inspirasinya dari Ende NTT awalnya saya ada kunjungan ke rumah pengasingan Bung Karno yang menjadi tempat lahirnya pancasila," ujarnya saat di wawancarai di Museum Pers, Selasa (9/11).

Kemudian, lanjut Arul, ia ingat tentang Keppres yang dilayangkan Bung Karno Nomor 316, 13 Desember 1959, yang menjelaskan soal keputusan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional, bukan Hari Libur Nasional.

"Harapan saya dengan adanya pentas 45 jam berharap kepada bapak Presiden Jokowi mengesahkan Keppres 10 November sebagai Hari Libur Nasional," ungkapnya.

"Ini bukan dalam ajang Rekor Muri. Saya sebagai warga Kota Surabaya sangat mengapresiasi peristiwa 10 November yang begitu penting bagi saya," tegas pria yang juga bekerja sebagai penjual es tape di Srikana itu.

Jadi, kata Arul, ketika tidak diabadikan sebagai libur nasional, maka generasi yang akan datang nanti tidak akan mengenali peristiwa di dalam 10 November. Padahal ribuan korban telah merelakan jiwanya demi mempertahankan kemerdekaan.

Memperingati Hari Pahlawan, seniman asal Surabaya bakal memainkan biola selama 45 jam nonstop
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News