La Nyalla Menyebut Sektor Pekerja Seni Terlupakan Selama Pandemi Covid-19

Sabtu, 31 Juli 2021 – 22:46 WIB
La Nyalla Menyebut Sektor Pekerja Seni Terlupakan Selama Pandemi Covid-19 - JPNN.com Jatim
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. ANTARA/HO-Humas DPD

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengatakan para pekerja seni perlu mendapatkan bantuan khusus karena tidak bisa melakukan pekerjaannya selama PPKM.

La Nyalla menyebut pandemi Covid-19 sangat memukul sektor seni dan budaya.

Senator Jawa Timur itu, mengaku banyak mendapat keluhan dari para pekerja seni dan budayawan yang penghasilannya menurun drastis.

"Karena bukan termasuk dalam sektor esensial maupun kritikal, kegiatan seni dan budaya tidak menjadi prioritas. Akibatnya, kegiatan seni, termasuk seni pertunjukan ikut terkena pembatasan karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan," ujar La Nyalla, Sabtu (31/7).

La Nyalla mengataka selama ini fokus utama diberikan bagi sektor-sektor formal dan pelaku usaha mikro.

Namun, La Nyalla menyebut sejumlah sektor informal sebenarnya juga sangat terdampak pandemi.

Terlebih, para pekerja seni cuma mengandalkan karyanya untuk mencari uang, tetapi ruang lingkup pasar budaya justru dibatasi.

“Sering kali kita lupa sektor informal seperti teman-teman seniman dan budayawan ini juga sangat terdampak," kata La Nyalla. (mcr6/antara/jpnn)

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengatakan para pekerja seni perlu mendapatkan bantuan khusus karena tidak bisa melakukan pekerjaannya selama PPKM.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News