Orang Nomor Satu di TNI Mendatangi Puskesmas Porong

Sabtu, 31 Juli 2021 – 22:18 WIB
Orang Nomor Satu di TNI Mendatangi Puskesmas Porong - JPNN.com Jatim
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meninjau secara langsung tempat isolasi di Puskesmas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu. (ANTARA/SI/IS)

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meninjau tempat isolasi di Puskesmas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (31/7).

Hadi Tjahjanto bersama dengan rombongan sejumlah petinggi kepolisian dan TNI tiba di Puskesmas Porong sekitar pukul 14.30 WIB.

Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat mengatakan menyebut Hadi Tjahjanto meminta supaya masyarakat positif Covid-19 secepatnya bisa dilacak dengan menggunakan dua cara.

"Cara pertama dengan aplikasi Silacak dan juga dengan cara manual," kata Herman Hidayat.

Selain itu, Herman menyebut Hadi Tjahjanto menekankan kerja sama yang maksimal empat pilar di desa masing-masing TNI, Polri, kepala desa dan juga bidan desa.

"Tujuan dari pelacakan tersebut supaya masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa segera melakukan isolasi terpusat, contohnya di Puskesmas Porong ini," katanya.

Menurut dia, dengan melakukan isolasi secara terpusat tersebut maka kemungkinan tertularnya anggota keluarga yang lain menjadi minim jika dibandingkan secara mandiri.

"Selain itu, ketersediaan obat dan penanganan medis juga lebih cepat dilakukan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Iswan Nusi, yang mengatakan pihaknya sudah mengerahkan sebanyak 383 orang Babinsa untuk melakukan pelacakan di lapangan.

"Kami juga melakukan penebalan di beberapa titik dan juga melakukan koordinasi dengan babinkamtibmas serta relawan desa," ucapnya. (mcr6/antara/jpnn)