Luhut Suruh Gus Yaqut Kerahkan 50 Ribu Kiai dan Ulama

Jumat, 23 Juli 2021 – 21:00 WIB
Luhut Suruh Gus Yaqut Kerahkan 50 Ribu Kiai dan Ulama - JPNN.com Jatim
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan antisipasi adanya lonjakan pasien Covid-19 dalam dua pekan ke depan. ANTARA/HO-Kemenko Marves.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) memobilisasi 50 ribu tokoh agama mengampanyekan protokol kesehatan guna menekan penularan Covid-19.

Luhut yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu meminta pengerahan para penyuluh agama dilakukan hingga tingkat desa.

Selain itu, Luhut meminta jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk ikut dalam kampanye penerapan protokol kesehatan di wilayah Jawa-Bali.

"Saya minta Menteri Agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa, untuk mendekati tokoh agama dengan masyarakat mengenai 5M sesuai arahan Pak Presiden," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/7).

Luhut menekankan perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa mematuhi protokol kesehatan itu penting.

"Dengan salah satunya menggunakan masker. Penggunaan masker ini terbukti menahan laju penyebaran kasus Covid-19," katanya.

Menanggapi arahan dari Luhut, Gus Yaqut mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan semua kebijakan untuk menekan kasus Covid-19, terutama penularan varian delta.

Gus Yaqut menjelaskan terdapat 50 ribu penyuluh agama di bawah Kementerian Agama hingga level desa yang dapat difungsikan sebagai duta kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 kepada tokoh agama dan masyarakat. (mcr6/antara/jpnn)

Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Agama Gus Yaqut memobilisasi para tokoh agama mengampanyekan protokol kesehatan guna menekan penularan Covid-19.