Inilah Sederet Permasalahan yang Harus Diselesaikan di Jatim, Kata Luluk

Selasa, 17 September 2024 – 13:58 WIB
Inilah Sederet Permasalahan yang Harus Diselesaikan di Jatim, Kata Luluk - JPNN.com Jatim
Pasangan bakal calon gubernur Jawa Timur Luluk-Lukman saa ditemui di Kota Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bakal calon gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah mengungkap banyak permasalahan yang harus diselesaikan di Jatim, mulai dari ketimpangan kesejahteraan, kemiskinan, pendidikan, pengangguran, KDRT, hingga infrastruktur.

Dia mengatakan perlu keseriusan untuk menangani berbagai permasalahan tersebut.

“Ya banyak hal yang sangat mendasar yang harus dibereskan di Jawa Timur, mulai ketimpangan kesejahteraan, kemiskinan, pendidikan, di mana mandatori untuk Pemprov Jatim untuk bisa meningkatkan kualitas daya saing SMA/SMK masih belum memuaskan karena masih angka partisipasinya aja kurang dari 70 persen,” ungkap Luluk di Surabaya, Selasa (17/9).

Kemudian, banyaknya pengangguran terbuka disumbang oleh lulusan SMA/SMK dan itu harus dicarikan jalan keluar.

“Lalu, ketimpangan infrastruktur baik antar wilayah antar desa kota juga masih sangat tinggi. Belum lagi isu kekerasan terhadap perempuan KDRT, pernikahan anak atau kemudian persoalan kemiskinan perempuan, kematian ibu dan anak yang masih cukup tinggi,” katanya.

Kemudian, Jawa Timur diharapkan menjadi kekuatan logistik nasional yang bertaraf internasional untuk tingkatkan perekonomian di suatu wilayah. Maka, pentingnya membenahi dari hulu sampai hilir.

“Artinya, kami harus betul-betul membenahi hulu sampai hilir semua pusat-pusat dan basis-basis produksi ekonomian ya,” jelasnya.

“Khususnya yang ada dari ujung mulai dari Pacitan sampai kemudian di Banyuwangi Madura dan seterusnya. Ini yang harus kami cek kembali dan kemudian ditata ulang dan sebagiannya harus dikuatkan, dibenahi, dan yang sudah bagus diberikan dukungan agar memiliki kompetensi ke level dunia,” imbuh dia.

Luluk Hamidah mengungkap sejumlah permasalahan yang harus diselesaikan di Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News