Pakar Beber Nilai-Nilai Luhur Demi Menjaga Integritas Demokrasi dalam Memilih Pemimpin

Kamis, 11 Juli 2024 – 17:10 WIB
Pakar Beber Nilai-Nilai Luhur Demi Menjaga Integritas Demokrasi dalam Memilih Pemimpin - JPNN.com Jatim
Ilustrasi Pilkada 2024. Foto: source JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Benny Susetyo mengajak publik kembali pada nilai-nilai dasar yang luhur dan menjaga integritas demokrasi. 

Hal itu, kata dia, bisa menciptakan masa depan yang lebih baik dan adil bagi semua. Refleksi tersebut diyakini membawa tindakan nyata memperjuangkan demokrasi untuk kepentingan rakyat banyak. 

Menurutnya, demokrasi yang sehat dan bermartabat adalah fondasi bagi masyarakat yang adil dan sejahtera. 

"Mari kita bersama-sama menjaga dan memperkuat demokrasi agar terus berfungsi sebagai sistem yang melindungi dan melayani seluruh rakyat," kata Benny tertulis, Kamis (11/7).

Dia mengatakan Paus Fransiskus menyampaikan keprihatinannya tentang keadaan demokrasi dunia yang dinilai tidak dalam kondisi baik. Pernyataan ini menggarisbawahi pentingnya refleksi mendalam terhadap berbagai tantangan yang dihadapi sistem demokrasi di berbagai belahan dunia. 

Dalam analisis itu, kata dia, penting untuk mendalami fenomena populisme, peran teknologi digital dalam politik, serta bagaimana nilai-nilai fundamental dapat memulihkan dan mempertahankan demokrasi yang bermartabat. 

“Populisme adalah sebuah pendekatan politik yang bertujuan untuk menarik dukungan dari rakyat dengan menggunakan retorika anti-kemapanan dan pro-rakyat,” jelasnya.

Para politikus populis kerap mengumbar janji-janji manis yang tidak realistis, hanya untuk meraih dukungan tanpa benar-benar menawarkan solusi yang konkret. Fenomena itu menjadi ancaman nyata terhadap integritas demokrasi karena mengaburkan garis antara janji dan kenyataan. 

Benny Susetyo mengajak publik kembali pada nilai-nilai dasar luhur demi menjaga integritas demokrasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News