Pengamat Sarankan PKB Gandeng PDIP Tuk Kalahkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sabtu, 25 Mei 2024 – 23:05 WIB
Pengamat Sarankan PKB Gandeng PDIP Tuk Kalahkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik ARCI Baihaki Sirajt. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wacana PKB Jatim yang ingin membuat poros baru di Pilgub Jatim bakal sempurna, jika bisa merangkul PDI Perjuangan untuk melawan Khofifah Indar Parawansa.

Hal tersebut merupakan analisis Direktur Accurate Research and Consulting (ARCI) Baihaki Sirajt. Menurutnya, kedua partai itu menjadi wujud perpaduan nasionalis religius.

“Kami mengenalnya koalisi ‘semangka’. Kalau itu terwujud akan menjadi kekuatan sepadan bagi koalisi Ibu Khofifah,” kata Baihaki, Sabtu (25/5).

Baihaki mengulas hasil survei terbaru, di mana sosok yang diwacanakan akan diusung PKB KH Marzuki Mustamar. Dia menilai, jika dipasangkan dengan kader PDIP Achmad Fauzi sebesar 31,9 persen.

“Saya kira duet KH Marzuki Mustamar-Fauzi lebih kompetitif dan berpotensi menjadi lawan yang tangguh bagi incumbent,” ungkap pengamat politik tersebut.

Dia menilai pasangan Marzuki-Fauzi lebih realistis dan kokoh secara dukungan politik dibanding nama lain yang digandeng Marzuki, seperti Ida Fauziyah dan Thoriqul Haq.

Pasangan Marzuki-Fauzi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya diusung dua parpol pemenang di Jatim, yakni PKB dan PDIP.

“Basis nahdiyin dan nasionalis akan bersatu, mengingat kedua tokoh itu berasal dari PKB dan PDIP sehingga akan memunculkan dukungan yang besar dari masing-masing pemilih di parpol tersebut,” ujarnya.

ARCI menyarankan PKB menggandeng PDIP untuk mengaalahkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News