Survei Pilgub Jatim 2024, Emil dan Fauzi Sama Kuat Jika Dampingi Khofifah

Rabu, 15 Mei 2024 – 21:30 WIB
Survei Pilgub Jatim 2024, Emil dan Fauzi Sama Kuat Jika Dampingi Khofifah - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt memaparkan hasil survei elektabilitas calon dalam Pilgub Jatim 2024. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas dalam Pilgub Jatim 2024.

Dari hasil simulasi tiga pasangan calon, duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Khofifah-Achmad Fauzi sama-sama kuat.

Pada simulasi pertama, duet Khofifah-Emil memiliki elektabilitas 60,8 persen, sedangkan KH Marzuki Mustamar-Thoriqul Haq 25,8 persen, dan 13,5 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Pada simulasi kedua, elektabilitas Khofifah-Achmad Fauzi di angka 60,5 persen, KH Marzuki Mustamar-Ida Fauziah 25,3 persen, dan 14,2 persen responden tak tahu atau tidak menjawab.

“Artinya, selisih elektabilitas Khofifah-Emil dan Khofifah-Fauzi hanya terpaut 0,3 persen saja. Duet ini sama-sama kuat karena Fauzi dan Emil punya elektabilitas cukup bagus,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Rabu (15/5).

Kemudian pada simulasi ketiga, duet Khofifah-Kharisma Febriansyah elektabilitasnya 51,4 persen. Kemudian KH Marzuki Mustamar-Fauzi 31,9 persen dan 16,7 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Baihaki menyebut tingginya elektabilitas Fauzi disebabkan kinerjanya cemerlang selama memimpin Sumenep. Selain itu, dukungan warga Madura di tapal kuda dan wilayah lainnya di Jatim cukup besar.

“Seperti survei sebelumnya, Fauzi ini makin menguat di basis Madura hingga tapal kuda, sedangkan Emil itu karena incumbent," ujarnya.

Berikut simulasi tiga nama para calon bupati dan wakil bupati dalam Pilgub Jatim 2024 versi ARCI.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News