Kata Pakar Soal Anies-Cak Imin Hadiri Penetapan Capres-Cawapres, Ada 2 Kemungkinan

Rabu, 24 April 2024 – 13:52 WIB
Kata Pakar Soal Anies-Cak Imin Hadiri Penetapan Capres-Cawapres, Ada 2 Kemungkinan - JPNN.com Jatim
Capres dan Cawapres RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4). (ANTARA/Rio Feisal)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Capres Cawapres Nomor Urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan UMUM (KPU) RI dalam rangka menghadiri penetapan capres-cawapres terpilih.

Keduanya tiba sekitar pukul 10.03 WIB menumpangi mobil yang sama dan kompak mengenakan kemeja putih dan jas. Mereka menyempatkan menyapa media sebelum menyusul pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di dalam.

Kedatangan AMIN tersebut menimbulkan pertanyaan apakah keduanya sudah menerima dengan terpilihnya Prabowo-Gibran atau ada upaya membangun citra positif sebagai tokoh yang legawa mengakui kekalahannya dalam Pilpres 2024.

Merespons hal tersebut, Pakar Komunikasi Politik Unair Suko Widodo mengatakan secara hukum ketenegaraan pasangan AMIN menerima. Namun, keduanya juga memiliki ikhtiar membangun citra positif.

"Jadi, bisa mengambil dua sisi, satu positif di mata lawan dan di sisi lain juga membangun citra positif kepada pendukungnya," ujar Suko, Rabu (24/4).

Menurutnya, kalimat yang disampaikan oleh Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar itu terkait 'perjuangan belum usai' dinilai sebagai ungkapan agar para pendukungnya menerima hasil dari kontestasi pemilu tersebut.

"Kalimat bahwa perjuangan belum usai yang disampaikan Cak Imin sebagai retoris menjaga emosi pendukungnya," kata dia.

Sementara itu, untuk pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang tak hadir dalam penetapan capres-cawapres terpilih dinilai masih terdapat kekecewaan dengan hasil Pilpres 2024.

Kedatangan Anies-Cak Imin dalam penetapan capres-cawapres terpilih menimbulkan dua penilaian. begini kata pakar.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News