Pengamat Ungkap Kerja Keras Emil Pertahankan Kursi Demokrat di DPRD Jatim

Minggu, 24 Maret 2024 – 11:36 WIB
Pengamat Ungkap Kerja Keras Emil Pertahankan Kursi Demokrat di DPRD Jatim - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik ARCI Baihaki Sirajt. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kejelian Emil Dardak menahkodai Demokrat Jatim membuahkan hasil dengan mempertahankan kursi pimpinan di DPRD Provinsi Jawa Timur.

Pengamat Politik ARCI Baihaki Sirajt mengatakan kursi Demokrat DPRD Jatim di Pileg 2024 sebelas kursi turun dibanding Pileg 2019 sebanyak 14 kursi. Namun, secara sura tidak ada perbedaan signifikan.

"Secara konversi kursi memang turun, tetapi secara suara tidak ada perbedaan signifikan. Demokrat Jatim sedang berada di masa transisi dan berkat kejelian Emil, kursi partainya masih berada di dua digit serta mempertahankan pimpinan DPRD Jatim," tutur Baihaki, Sabtu (23/3).

Menurutnya setelah Musda Demokrat Jatim 2022, gejolak di tubuh partai berlambang Mercy tersebut cukup besar, salah satunya dengan mundurnya banyak kader lawas.

"Tahun 2022 hingga 2023 silih berganti kader Demokrat mundur. Itu bukan pekerjaan mudah bongkar pasang kader, apalagi merupakan caleg potensial. Perlahan, tetapi pasti Emil mulai mencari pengganti yang membuahkan hasil di Pileg 2024," ucapnya.

Dia menilai ada sejumlah dapil, di mana Emil dengan kejeliannya menempatkan nama-nama baru sehingga berhasil melenggang ke Indrapura.

"Emil berhasil menaruh kader-kader muda di sejumlah dapil, mulai Dapil Jatim II, Jatim III, Jatim VI, Jatim X, hingga Jatim XII. Saya melihat kejelian dari Emil memperkuat suara caleg incumbent yang lama," katanya.

Selain itu, Demokrat mempertahankan Jatim sebagai salah satu lumbung suara, mengingat tren Demokrat di level nasional juga menurun.

Pengamat Politik Arci Baihaki Sirajt membeberkan kerja keras Emil Dardak yang berhasil mempertahankan kursi Demokrat di DPRD Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News