Pengasuh Ponpes Tebuireng Bantah Pondoknya Dukung Prabowo-Gibran

Rabu, 07 Februari 2024 – 23:58 WIB
Pengasuh Ponpes Tebuireng Bantah Pondoknya Dukung Prabowo-Gibran - JPNN.com Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, yang juga Pj Ketua PWNU Jatim K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapau Gus Kikin. ANTARA/ dokumen

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Pengasuh Ponpes Tebuireng K.H Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin mengklarifikasi isu dukungan pesantrennya kepada paslon capres-cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran.

Melalui pernyataan tertulisnya, Gus Kikin menyampaikan lima poin.

Pertama, Pesantren Tebuireng selalu menjaga muruah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat.

"Itu sebagaimana diajarkan oleh (pendiri Ponpes Tebuireng) K.H M Hasyim Asy'ari," katanya tertulis.

Kedua, lanjut Gus Kikin, Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Ketiga, Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah," ujarnya.

Keempat, Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahmi sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Pada poin terakhir, Gus Kikin juga memerinci soal kegiatan yang dianggap sebagai pemberian dukungan terhadap Prabowo-Gibran yang tepatnya berlangsung pada acara "Mudzakarah Indonesia Maju" yang digelar di luar kawasan Pesantren Tebuireng.

Berikut tanggapan lengkap Pengasuh Ponpes Tebuireng Gus Kikin soal deklarasi dukungan mengatasnamakan pondoknya terhadap paslon Prabowo-Gibran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News