Lihat Pembangunan Museum Reog, Ganjar Singgung Soal Ketahanan Budaya

Jumat, 19 Januari 2024 – 22:55 WIB
Lihat Pembangunan Museum Reog, Ganjar Singgung Soal Ketahanan Budaya - JPNN.com Jatim
Capres Ganjar Pranowo saat melihat pembangunan Museum Reog di Ponorogo. Dia disambut meriah oleh warga setempat. Foto: dok. Tim GP

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Kedatangan capres Ganjar Pranowo saat meninjau Museum Reog di Gunung Gamping, Ponorogo, disambut meriah oleh ribuan warga, Jumat (19/1).

Mereka menampilkan belasan Reog di jalan. Belasan reog berukuran besar itu berbaris memberi penghormatan kepada Ganjar. Iringan musik gamelan khas Ponorogo yang rancak menambah suasana menjadi kian meriah.

Ganjar lantas mengamati proses pembangunan museum yang direncanakan selesai pada 2024 ini.

Menurut Ganjar, pembangunan Museum Reog tersebut merupakan langkah yang tepat untuk melestarikan serta mengembangkan potensi seni budaya daerah. Ke depan, Ganjar ingin agar negara juga membangun ketahanan budaya.

“Kalau bicara seni dan budaya, dalam ketahanan nasional, kita juga harus masuk pada ketahanan budaya agar kita tidak digempur oleh budaya lain dan bisa jadi tuan rumah atas potensi yang kita miliki,” ujar Ganjar.

Dia menjelaskan Museum Reog nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengenalan dan pengembangan seni Reog. Selain itu, lokasi tersebut juga akan menjadi tempat wisata.

“Mudah-mudahan orang akan bisa melihat bahwa kalau belajar mengetahui dan meneliti tentang Reog bisa datang ke sini, semacam Reog center. Reog itu bisa dijadikan salah satu contoh pertunjukan seni yang mendunia,” tuturnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menyampaikan Indonesia memiliki banyak potensi seni budaya yang harus dijaga.

Salah satu tujuan safari Ganjar Pranowo di Ponorogo, yakni menyaksikan progres pembangunan Museum Reog.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News