Ziarahi Makam Mbah Ratu Ayu Pasuruan, Mahfud Md: Itu Tradisi NU

Jumat, 12 Januari 2024 – 16:37 WIB
Ziarahi Makam Mbah Ratu Ayu Pasuruan, Mahfud Md: Itu Tradisi NU - JPNN.com Jatim
Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md saat berziarah ke makam Syarifah Alhababah Khadijah binti Syarif Hidayatullah atau dikenal Mbah Ratu Ayu di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Cawapres nomor urut tiga Mahfud Md menziarahi makam Syarifah Alhababah Khadijah binti Syarif Hidayatullah atau dikenal Mbah Ratu Ayu di Kabupaten Pasuruan pada hari ke-46 kampanye, Jumat (12/1).

Mahfud menjelaskan apa yang dilakukannya itu merupakan tradisi Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengambil pelajaran dari masa lalu agar dapat mewarisi semangat perjuangan dan kelurusan pendahulu dalam membimbing masyarakat.

"Itu adalah tradisi NU berziarah ke kuburan orang-orang besar di masa lalu untuk mengambil pelajaran. Berdoa kepada Allah agar kita bisa mewarisi, bukan minta langsung kepada yang bersangkutan," kata Mahfud.

Selain itu, Menko Polhukam RI tersebut mengutarakan kunjungannya tersebut agar mendapatkan inspirasi untuk berjuang selama Pilpres 2024.

"Saya sudah berkunjung ke (makam) Sunan Drajat, ke Hasyim Asy'ari. Setiap saya ke pesantren berkunjung ke ini (makam) untuk minta kepada Allah agar saya diberi inspirasi berjuang seperti beliau (mendiang)," ujarnya.

Mahfud menjelaskan bahwa jasa Mbah Ratu Ayu dapat diteladani oleh ibu-ibu lainnya. Menurutnya, almarhumah merupakan syarifah yang mencetak pemimpin dan pejuang besar. Jadi, jasa Mbah Ratu Ayu patut untuk dikenang.

"Pelanjut-pelanjutnya juga membimbing masyarakat untuk kebaikan sehingga dia patut diteladani bagi ibu-ibu supaya menjadi ibu yang baik seperti syarifah ini," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

 
Mahfud Md menyampaikan ziarah tersebut berdoa kepada Allah, bukan minta langsung kepada almarhumah.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News