Ganjar Sepakat dengan Jusuf Kalla, Pemimpin Harus Sabar

Kamis, 11 Januari 2024 – 14:17 WIB
Ganjar Sepakat dengan Jusuf Kalla, Pemimpin Harus Sabar - JPNN.com Jatim
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

jatim.jpnn.com, TEGAL - Pernyataan Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) di Surabaya kemarin, Rabu (10/1), tentang pemimpin harus sabar disepakati capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

"Iya, pasti emosinya mesti dijaga karena kalau pertunjukannya ialah kemarahan, emosi, pasti ada beberapa yang tidak suka," kata Ganjar di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1).

Menurutnya, sosok calon pemimpin harus edukatif. Hal tersebut tercermin dalam debat ketiga capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, pada Minggu (7/1).

Walaupun ada yang menilai debat tersebut tidak edukatif, Ganjar tetap menilai debat tersebut merupakan medium edukasi politik paling baik.

"(Itu) Umpama. Saya tidak mau omong yang lain. Saya omong diri saya sendiri," ujar mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Ganjar menjelaskan alasan dirinya banyak menampilkan data saat debat ketiga capres-cawapres itu supaya masyarakat dapat melihat capaian target dan performa pertahanan tanah air.

Dia tak mempersoalkan bila ada pihak yang tak percaya data tersebut selama argumentasinya benar. Selain itu, Ganjar juga menyoroti mengenai tak ada data yang bisa ditampilkan saat debat akibat keterbatasan waktu.

Menurut dia, secara data kuantitatif memang agak sulit ditampilkan, tetapi seorang pemimpin dapat berbicara secara kualitatif.

Ganjar mengamini pernyataan Jusuf Kalla di Surabaya kemarin soal pemimpin harus sabar. Berikut pernyataan lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News