Pakar Politik Soroti Kesadaran Politik Generasi Muda dalam Pelemahan Demokrasi

Kamis, 23 November 2023 – 16:31 WIB
Pakar Politik Soroti Kesadaran Politik Generasi Muda dalam Pelemahan Demokrasi - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik Unair Airlangga Pribadi Kusman. Foto: Dok. Sulvi untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Politik Unair Airlangga Pribadi Kusman menyoroti situasi politik terkait pelemahan demokrasi menjelang Pemilu 2024. Hal itu dia sampaikan saat mengisi seminar nasional Regresi Demokrasi di Indonesia yang digelar FISIP Unair, Kamis (23/11).

Menurutnya, banyak drama politik banyak bermunculan belakangan ini, yang menonjol pencalonan Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang bermasalah dengan proses hukum di MK.

Airlangga khawatir adanya intervensi yang kemungkinan bisa mencederai dalam gelaran Pilpres 2024.

“Ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk direspons dan dicermati oleh kalangan intelektual dan sebagai literasi politik kalangan mahasiswa," kata Airlangga.

Dalam seminar tersebut, Airlangga melihat antusiasme cukup tinggi dari kalangan mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi politik.

Hal itu menunjukkan kesadaran bagi Gen Z dengan dimensi cukup kritis menyikapi persoalan dalam pelemahan dinasti politik.

“Di kalangan intelektual dan mahasiswa, melihat demokrasi mengalami pelemahan dan makin mendalam. Ini yang kami khawatirkan, terutama prinsip bagaimana membatasi kekuasaan agar berjalan di bawah kedaulatan rakyat dengan trias politika," ujarnya.

Peristiwa yang meresahkan terjadi saat birokrasi yang seharusnya netral berpotensi mengalami pelemahan saat mulai dimanfaatkan untuk kepentingan aristokrat (kelas atas).

Akademisi menyoroti peran generasi muda mengenai kesadaran politiknya dalam pelemahan demokrasi menjelang Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News